nusakini.com--Sejarah baru lahir dari otoritas terteringgi dunia, FIFA. Untuk pertama kalinya, jabatan sekjen diisi oleh seorang perempuan. Dia adalah Fatma Samba Diouf Samoura. Sebelumnya, Fatma adalah Kepala Perwakilan Program Pengembangan Penduduk PBB di Nigeria. Dia menggantikan peran Jerome Valcke, yang dipecat pada Januari dan telah dijatuhi skors 12 tahun untuk pelanggaran-pelanggaran kode etik, termasuk penggunaan dana FIFA untuk kunjungan-kunjungan wisata dan perusakan bukti.

Penunjukan Samoura diumumkan Presiden FIFA, Gianni Infantino, yang melakukan kongres pertamanya sejak ia terpilih pada Februari untuk memimpin federasi yang dihantam skandal itu keluar dari krisis.

"Fatma merupakan perempuan dengan pengalaman internasional dan visi yang mengerjakan sebagian isu paling menantang dalam masa kerja kami," kata Infantino melalui pernyataannya. 

Fatma sendiri  mengaku antusias menerima tugas barunya itu."FIFA mengambil pendekatan yang segar untuk pekerjaan ini; dan saya begitu bersemangat untuk memainkan peran dalam membuat pendekatan ini efektif dan bertahan selama mungkin," ucapnya, dalam pernyataan yang dirilis FIFA. (ab)